What's New?

cerita gunung tangkuban perahu beserta unsur unsur intrinsiknya

Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Diterbitkan pada Monday, 6 May 2013 Pukul 11.56

Diberi nama seperti karena bentuknya memang menyerupai perahu yang terbalik. Konon menurut cerita rakyat parahyangan gunung itu memang merupakan perahu yang terbalik. Berikut ini ceritanya. Beribu-ribu tahun yang lalu, . menghilang di Gunung Putri dan berubah menjadi setangkai bunga jaksi. Adapun Sangkuriang setelah sampai di sebuah tempat yang disebut dengan Ujung berung akhirnya menghilang ke alam gaib (ngahiyang). Unsur intrinsik :.

My Work: Nilai-nilai Prosa Fiksi

Diterbitkan pada Wednesday, 6 November 2013 Pukul 2.08

Contoh: Cerita Si Kancil yang Cerdik, Kera Menipu Harimau, dan lain-lain. Unsur-Unsur Prosa Fiksi: a. Unsur Ekstrinsik. Unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada di luar tulisan, namun secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi hasil karya tersebut. Unsur yang Unsur-unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang hadir di dalam suatu karya sastra yang secara langsung mempengaruhi terciptanya karya tersebut. 2. kisah gunung tangkuban perahu. 3.

Mgmp Bahasa Indonesia Smp Cipayung: Pembelajaran...

Diterbitkan pada Wednesday, 15 May 2013 Pukul 12.11

Untuk itu peserta didik berdiskusi untuk menemukan unsur-unsur intrinsiknya dan kemudian mampu menemukan nilai-nilai yang sesuai dengan kehidupan nyata. geografi, di mana kebenaran cerita ini dilihat dari sudut pandang ilmu alam dengan hakikat sebuah dongeng itu sendiri . sehingga peserta didik bisa memahami kedudukan dongeng yang berjudul Sangkuriang itu sebagai sebuah legenda dan sejarah Gunung Tangkuban Perahu yang sebenarnya.

Kesusastraan Indonesia

Diterbitkan pada Thursday, 9 May 2013 Pukul 12.09

Sastra Indonesia merupakan unsur bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, berdasarkan garis besarnya sastra berarti bahasa yang indah atau tertata dengan baik, dan gaya penyajiannya menarik, sehingga berkesan di hati pembacanya. Namun sering kali kita tidak mengerti apa yang . Cerita asal-usul terjadinya suatu tempat, misalnya asal-usul dari gunung tangkuban perahu, dan asal-usul danau toba. · Dongeng pelipur lara. Dongeng pelipur lara ini 

Sangkuriang

Diterbitkan pada Tuesday, 26 March 2013 Pukul 23.21

Sampan itu melayang dan jatuh tertelungkup, lalu menjadi sebuah gunung yang bernama Tangkuban Perahu. Unsur-unsur yang terkandung dalam cerita Sangkuriang : Sangkuriang terus mengejar Dayang Sumbi yang mendadak menghilang di Gunung Putri dan berubah menjadi setangkai bunga jaksi. Adapun Sangkuriang setelah sampai di sebuah tempat yang disebut dengan Ujung berung akhirnya menghilang ke alam gaib (ngahiyang). Unsur intrinsik :.

Menganalisis Cerita Rakyat

Diterbitkan pada Sunday, 12 May 2013 Pukul 23.33

Sampan itu melayang dan jatuh menjadi sebuah gunung yang bernama “Tangkuban Perahu.” Sumber: www.e-smartschool.com. Menganalisis cerita rakyat: Ciri- ciri cerita rakyat; Unsur intrinsik; Penokohan; Amanat; Sipnosis.

Mrkusai ___ The Great Scholer !: Pembelajaran...

Diterbitkan pada Saturday, 28 January 2012 Pukul 8.47

Prosa terbentuk oleh unsur-unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik prosa terdiri atas : a. Tema : tentang apa prosa tersebut berbicara. b. Amanat dicari-cari, dihubungkan dengan kenyataan-kenyataan alam. Umpamanya : Si Malin Kundang. Gunung Tangkuban Perahu. 3. Fabel : Dongeng tentang binatang yang mengandung pelajaran. Umpamanya : Pelanduk yang jenaka. 4. Hikayat : cerita pengaruh Arab yang banyak mengisahkan raja-raja sakit.

Jenis-jenis Dongeng

Diterbitkan pada Sunday, 7 September 2014 Pukul 21.56

Penasains Jenis-Jenis Dongeng – Saat kecil anda mungkin pernah diceritakan dongeng oleh orangtua anda, baik itu dongen dari daerah anda sendiri maupun dongen dari daerah lain, seperti misalnya sangkurian, gunung tangkuban perahu dan lain sebagainya. Di sekolah juga biasanya pada pelajaran Unsur-unsur Intrinsik dalam CeritaPenasains Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita – Dalam sebuah cerita kita mengenal yang namanya unsur intrinsik. Nah, apa saja unsu .

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -