What's New?

cerita gunung tangkuban perahu beserta unsur unsur intrinsiknya

Felocity (science 2)

Diterbitkan pada Friday, 19 October 2012 Pukul 20.27

Unsur intrinsik prosa terdiri atas : a. Tema : tentang apa prosa tersebut berbicara b. Amanat / pesan : nasihat yang hendak disampaikan kepada pembaca a. Plot / alur : rangkaian peristiwa yang membentuk cerita b.

Jenis-jenis Dongeng

Diterbitkan pada Monday, 8 September 2014 Pukul 4.56

Penasains Jenis-Jenis Dongeng – Saat kecil anda mungkin pernah diceritakan dongeng oleh orangtua anda, baik itu dongen dari daerah anda sendiri maupun dongen dari daerah lain, seperti misalnya sangkurian, gunung tangkuban perahu dan lain sebagainya. Di sekolah juga biasanya pada pelajaran Unsur-unsur Intrinsik dalam CeritaPenasains Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita – Dalam sebuah cerita kita mengenal yang namanya unsur intrinsik. Nah, apa saja unsu .

Kasmankhasra Blogger: Tugas Makalah Sastra Indonesia

Diterbitkan pada Sunday, 5 October 2014 Pukul 11.26

Sastra Indonesia merupakan unsur bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, berdasarkan garis besar nya sastra berarti bahasa yang indah atau tertata dengan baik, dan gaya penyajian nya menarik, sehingga berkesan di hati pembaca nya Namun sering kali kita tidak mengerti apa yang di maksud dengan sasta, kebanyakan orang . Cerita asal-usul terjadinya suatu tempat, misalnya asal-usul dari gunung tangkuban perahu, dan asal-usul danau toba.

Sisca: Dongeng

Diterbitkan pada Sunday, 28 September 2014 Pukul 19.51

Contoh : “Rawa Pening”, “Terjadinya Danau Toba”, “Tangkuban Perahu”, “Asal-Usul Gunung Merapi”, “Rro Jonggrang”, dsb. c. UNSUR-UNSUR CERITA. UNSUR EKSTRISIK. Lingkungan masyarakat; Agama; Pendidikan. UNSUR INTRINSIK CERITA. Tema : suatu konsep pertama dalam sebuah cerita/dongeng. Tema selalu berkaitan dengan kemanusiaan, sosial, kasih saying, kekuasaan, Tokoh beserta watak digambarkan dengan berbagai teknik, antara lain.

Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Diterbitkan pada Monday, 6 May 2013 Pukul 18.56

Diberi nama seperti karena bentuknya memang menyerupai perahu yang terbalik. Konon menurut cerita rakyat parahyangan gunung itu memang merupakan perahu yang terbalik. Berikut ini ceritanya. Beribu-ribu tahun yang lalu, . menghilang di Gunung Putri dan berubah menjadi setangkai bunga jaksi. Adapun Sangkuriang setelah sampai di sebuah tempat yang disebut dengan Ujung berung akhirnya menghilang ke alam gaib (ngahiyang). Unsur intrinsik :.

Ibd

Diterbitkan pada Tuesday, 2 December 2014 Pukul 20.08

Selain unsur intrinsik juga terdapat unsur ekstrinsik pada prosa yaitu nilai-nilai yang diyakini oleh pengarangnya yang turut mempengaruhi terciptanya suatu prosa. Prosa juga dapat di bedakan menjadi prosa lama dan prosa baru. 1. 4) Legenda >> dongeng yang mengada-ada dengan kenyataan dalam alam seperti cerita Gunung Tangkuban Perahu, Si Maling Kundang Anak Durhaka, Nyai Rara Kidul. 2. Prosa Baru. Yang termasuk ke dalam prosa baru yaitu : 1.

My Work: Nilai-nilai Prosa Fiksi

Diterbitkan pada Wednesday, 6 November 2013 Pukul 9.08

Contoh: Cerita Si Kancil yang Cerdik, Kera Menipu Harimau, dan lain-lain. Unsur-Unsur Prosa Fiksi: a. Unsur Ekstrinsik. Unsur ekstrinsik adalah unsur yang berada di luar tulisan, namun secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi hasil karya tersebut. Unsur yang Unsur-unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang hadir di dalam suatu karya sastra yang secara langsung mempengaruhi terciptanya karya tersebut. 2. kisah gunung tangkuban perahu. 3.

Blogger Cintia: Bahasa Indonesia

Diterbitkan pada Tuesday, 11 December 2012 Pukul 22.55

A. Mengidentifikasi Unsur Cerita. Sebuah Cerita (Cerpen atau Novel) dibangun dari unsur-unsur yang terdapat di dalam. karya itu (intrinsik) dan unsur-unsur yang berada di luar karya itu (ekstrinsik). 1. Unsur-unsur Intrinsik. a. Alur. Alur atau plot adalah rangkaian peristiwa yang terjadi .. Misalnya, cerita “Sangkuriang”, “Gunung Tangkuban Perahu”, dan “Terjadinya Rawa Pening”. c) Mite, yaitu cerita tentang dewa-dewi, roh atau makhluk halus. Misalnya, cerita “Nyi 

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -