What's New?

cerita gunung tangkuban perahu beserta unsur unsur intrinsiknya

My Work: Nilai-nilai Prosa Fiksi

Diterbitkan pada Wednesday, 6 November 2013 Pukul 9.08

Unsur-unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang hadir di dalam suatu karya sastra yang secara langsung mempengaruhi terciptanya karya tersebut. Unsur-unsuir intrinsik karya Prosa fiksi juga memberikan informasi dari kisah sejarah, pengalaman hidup, kehidupan masa sekarang, yang dikutip dan dirangkum dalam sebuah cerita walaupun ada unsur tambahan berupa imajinasi. 3. prosa fiksi sebagai cermin 2. kisah gunung tangkuban perahu. 3. Siti Nubaya.

Jenis-jenis Dongeng

Diterbitkan pada Monday, 8 September 2014 Pukul 4.56

Penasains Jenis-Jenis Dongeng – Saat kecil anda mungkin pernah diceritakan dongeng oleh orangtua anda, baik itu dongen dari daerah anda sendiri maupun dongen dari daerah lain, seperti misalnya sangkurian, gunung tangkuban perahu dan lain sebagainya. Di sekolah juga biasanya pada pelajaran Unsur-unsur Intrinsik dalam CeritaPenasains Unsur-unsur Intrinsik dalam Cerita – Dalam sebuah cerita kita mengenal yang namanya unsur intrinsik. Nah, apa saja unsu .

Dunia Electro: Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Diterbitkan pada Monday, 6 May 2013 Pukul 9.58

Diberi nama seperti karena bentuknya memang menyerupai perahu yang terbalik. Konon menurut cerita rakyat parahyangan gunung itu memang merupakan perahu yang terbalik. Berikut ini ceritanya. Beribu-ribu tahun yang lalu, . menghilang di Gunung Putri dan berubah menjadi setangkai bunga jaksi. Adapun Sangkuriang setelah sampai di sebuah tempat yang disebut dengan Ujung berung akhirnya menghilang ke alam gaib (ngahiyang). Unsur intrinsik :.

Menganalisis Cerita Rakyat

Diterbitkan pada Monday, 13 May 2013 Pukul 6.33

Sampan itu melayang dan jatuh menjadi sebuah gunung yang bernama “Tangkuban Perahu.” Sumber: www.e-smartschool.com. Menganalisis cerita rakyat: Ciri- ciri cerita rakyat; Unsur intrinsik; Penokohan; Amanat; Sipnosis.

Blogger Cintia: Bahasa Indonesia

Diterbitkan pada Tuesday, 11 December 2012 Pukul 22.55

A. Mengidentifikasi Unsur Cerita. Sebuah Cerita (Cerpen atau Novel) dibangun dari unsur-unsur yang terdapat di dalam. karya itu (intrinsik) dan unsur-unsur yang berada di luar karya itu (ekstrinsik). 1. Unsur-unsur Intrinsik. a. Alur. Alur atau plot adalah rangkaian peristiwa yang terjadi .. Misalnya, cerita “Sangkuriang”, “Gunung Tangkuban Perahu”, dan “Terjadinya Rawa Pening”. c) Mite, yaitu cerita tentang dewa-dewi, roh atau makhluk halus. Misalnya, cerita “Nyi 

Kesusastraan Indonesia

Diterbitkan pada Thursday, 9 May 2013 Pukul 19.09

Sastra Indonesia merupakan unsur bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, berdasarkan garis besarnya sastra berarti bahasa yang indah atau tertata dengan baik, dan gaya penyajiannya menarik, sehingga berkesan di hati pembacanya. Namun sering kali kita tidak mengerti apa yang . Cerita asal-usul terjadinya suatu tempat, misalnya asal-usul dari gunung tangkuban perahu, dan asal-usul danau toba. · Dongeng pelipur lara. Dongeng pelipur lara ini 

Pengertian Cerita Rakyat Dan Jenis-jenisnya

Diterbitkan pada Friday, 6 March 2015 Pukul 15.41

Nama Gunung Tengger yang konon diambil dari nama sepasang suami istri yang bernama Rar Anteng dan juga Joko Seger; Gunung Tangkuban Perahu terletak di Bandung Utara yang konon berasal dari perahu yang 

Ibd

Diterbitkan pada Tuesday, 2 December 2014 Pukul 20.08

Selain unsur intrinsik juga terdapat unsur ekstrinsik pada prosa yaitu nilai-nilai yang diyakini oleh pengarangnya yang turut mempengaruhi terciptanya suatu prosa. Prosa juga dapat di bedakan menjadi prosa lama dan prosa baru. 1. 4) Legenda >> dongeng yang mengada-ada dengan kenyataan dalam alam seperti cerita Gunung Tangkuban Perahu, Si Maling Kundang Anak Durhaka, Nyai Rara Kidul. 2. Prosa Baru. Yang termasuk ke dalam prosa baru yaitu : 1.

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -