naskah teater daerah yang diperankan orang wanita dan orang pria

77 Karya Budaya Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya...

Diterbitkan pada Wednesday, 5 March 2014 Pukul 10.35

Seni pertunjukan teater Makyong dimainkan dengan tarian, nyanyian, dan lawakan yang terjalin dalam suatu alur cerita. Pemainnya 20 orang, yang pria bertopeng sedangkan yang wanita mengenakan kostum gemerlap. 18.

Musikal Lutung Kasarung (2011/indonesia)

Diterbitkan pada Thursday, 29 December 2011 Pukul 17.35

Seperti biasa para mojang jajaka Bandung yang super “bening” sudah mondar-mandir di selasar Sabuga menanti hadirnya orang-orang penting yang salah satunya adalah Dede Yusuf beserta istrinya yang langsung dikerubungi dimainkan oleh dua orang, yaitu satu wanita, yang ternyata adalah Laudya Cynthia Bella yang saya baru sadar di akhir pertunjukan, dan satu pria yang berpostur super tinggi karena memakai enggrang yang biasa disebut “lengser”.

Kamus Mini

Diterbitkan pada Monday, 20 April 2009 Pukul 18.15

Akrobat : orang yang mahir dalam pertunjukan ketangkasan an keseimbangan badan (seperti berjalan di atas tali, naik sepeda beroda satu dsb). Akting : seni/profesi diperankan. Dramatikus: ahli seni drama, pengarang naskah drama . Seniman : ahli seni. Serampang: nama tarian dan lagunya dari Sumatera utara. Serancak : seperangkat daerah. Serdam : seruling bulu yang tiupannya seperti clarinet. Serimpi : jenis tarian jawa yang dibawakan oleh empat orang wanita. Seruling 

Ari Putri Yanti: Kesusastraan Jepang "kabuki (歌舞伎)"

Diterbitkan pada Wednesday, 25 December 2013 Pukul 12.48

Pendapat yang mengatakan penamaan kabuki berasal dari kata katamuku ini dikarenakan pada saat kabuki pertama kali diperkenalkan oleh Okuni, seorang Miko 巫女 (pendeta wanita) dari daerah Izumo. Okuni tersebut memakai kostum para wanita penghibur. Hal ini kemudian diasosiasikan dengan kumpulan orang-orang yang berpakaian dan bertingkah-laku aneh serta tidak lazim yang muncul pada saat itu, yang dikenal dengan nama kabukimono カブキモノ.

Dari Teater Tradisional Hingga Ke Taeter Kontenporer

Diterbitkan pada Monday, 13 May 2013 Pukul 0.51

Wayang wong adalah bentuk teater tradisional Jawa yang berasal dari Wayang Kulit yang dipertunjukan dalam bentuk berbeda: dimainkan oleh orang, lengkap dengan menari dan menyanyi, seperti pada umumnya teater tradisional dan tidak memakai . Padahal sebenarnya hampir seluruh teater rakyat di berbagai tempat, pemainnya selalu pria (randai, dulmuluk, mamanda, ketoprak), karena pada zaman itu wanita tidak diperkenankan muncul di depan umum.

Unsur-unsur Pementasan Drama

Diterbitkan pada Wednesday, 15 August 2012 Pukul 19.17

Dalam arti sempit, drama adalah kisah hidup manusia dalam masyarakat yang dipyoyeksikan ke atas panggung, disajikan dalam bentuk dialog dan gerakan berdasarkan naskah, didukung tata panggung, tata lampu, tata musik, tata rias, dan tata Dengan kata lain, drama dalam arti luas mencakup teater tradisional dab teater modern, sedangkan dalam arti sempit mengacu pada drama modern saja. Penata rias boleh seorang pria, boleh juga seorang wanita.

Mengenal Lebih Dalam "kabuki" Seni Teater Tradisional...

Diterbitkan pada Thursday, 24 October 2013 Pukul 15.45

Tarian ini ditampilkan dengan iringan musik secara lengkap, tarian ini bertujuan menunjang gerakan para pemain kabuki, dalam memainkan lakon yang diperankan oleh pemain yang bersangkutan menjadi sempurna. Dalam bermain drana klasik kabuki, para orang tua wajib membimbing dan menentukan peran anak-anaknya, apakah perannya menjadi tachiyaku (peran pria) atau tateoyama (peran wanita), pendek kata mereka bermain sesuai dengan tingkatan 

Hebat Itu Antropologi: Teater Makyong Riau Dan...

Diterbitkan pada Sunday, 2 June 2013 Pukul 17.55

Menurut penulis, bengkel kerja itu hendaknya berkesinambungan dan dilanjutkan dengan studi untuk membandingkan berbagai bentuk teater Makyong yang dikenal dalam kehidupan orang Melayu. 1. Ada berbagai pendapat mengenai asal usul Makyong di Kepulauan Riau, antara lain pendapat hasil rumusan Diskusi teater Tradisional yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jakarta bersama Direktorat Pembinaan Kesenian pada tanggal 13 Desember 

Cari Iklan:

- Halaman ini diberdayakan oleh Google dan Bing! -

X