What's New?

cerita kota pasuruan dalam versi bahas jawa

Wali Tujuh 7

Diterbitkan pada Friday, 31 May 2013 Pukul 18.03

Kisah yang tertoreh dalam lontara Riwayakna Tuanta Salamaka ri Gowa (RTSG) itu menggambarkan kelahiran seorang ulama besar yang juga termasyhur sebagai sufi dan pejuang bernama Asy-Syaikh al-haj Yusuf Abu al-Mahasin Hidayatullah Taj Al-Khalwati al-Makasari atau Syekh Yusuf. Menurut lontarak RTSG versi Gowa, ibu Syekh Yusuf bernama Aminah puteri Gallarang Moncongloe dan ayahnya seorang tua yang tak diketahui asal kedatangannya.

Asal Usul Kota Banyuwangi

Diterbitkan pada Wednesday, 3 September 2008 Pukul 11.32

Pada zaman dahulu di kawasan ujung timur Propinsi Jawa Timur terdapat sebuah kerajaan besar yang diperintah oleh seorang Raja yang adil dan bijaksana. Raja tersebut Dalam bahasa Jawa disebut Banyuwangi. Banyu artinya air keren mas,tpi koq kyaknya mlenceng yaw dri cerita yang sering sya dengar dari Kakek saya,,,, dapat versi drimna mas..??? Balas. qomari drug berkata: Maret 2, 2010 pada 3:20 pm. siiiiiip……….. banget ceritanya…….. DruG 16.

Misteri Wali Songo

Diterbitkan pada Wednesday, 1 August 2012 Pukul 6.30

Akibatnya, sejarah Indonesia sebelum datangnya bangsa Belanda selalu ada beberapa versi karena selalu ada distorsi dari pelaku sejarah maupun dari masyarakat yang meneruskan cerita tersebut kepada generasi berikutnya. Sungguh suatu hal Kropak Ferrara adalah dokumen yang disimpan di museum 'Marquis Cristino Bevilacqua' di kota Ferrara Italia, terdiri dari 23 lembar daun lontar ditulis dalam huruf Jawa Kuno, berisi catatan sarasehan 'walisongo'.

Opium To Java

Diterbitkan pada Monday, 18 April 2011 Pukul 13.07

Bunga opium (poppy), yang dalam bahasa Latin disebut Papaver somniferum, memang tidak ditanam di Pulau Jawa. Meski begitu, orang Jawa ditengarai Kemudian disusul wilayah Batavia, hingga pantai utara bagian timur, Rembang, Tuban, Besuki, Pasuruan, Probolinggo, Madura, juga pedalaman Ponorogo. Larangan Paku Buwono II. PADA masa itu, mengisap opium seperti menjadi ciri umum kehidupan kota dan desa. Opium dipasarkan bahkan sampai ke 

Bahasa Jawa Dan Keanekaragamannya

Diterbitkan pada Tuesday, 29 November 2011 Pukul 12.22

Selain itu, Bahasa Jawa juga digunakan oleh penduduk yang tinggal beberapa daerah lain seperti di Banten terutama kota Serang, kabupaten Serang, kota Cilegon dan kabupaten Tangerang, Jawa Barat khususnya kawasan Dalam bahasa Jawa dialek Banten (Jawa Serang), pengucapan huruf 'e', ada dua versi. ada yang diucapkan 'e' saja, seperti pada kata "teman". Kata "manjing", misalnya, sering dipakai oleh para dalang dalam cerita perwayangan.

Tentang Asal Usul Nama Pasuruan

Diterbitkan pada Friday, 15 November 2013 Pukul 4.11

Jadi arti sereh sepadan dengan arti suruh dalam bahasa Melayu atau Indonesia. Yang jadi masalah ialah apakah pada masa itu (abad 10 M) bahasa Melayu kuno telah berkembang di pulau Jawa. 7 bahasa Melayu kuno 

Umar Bakri: Legenda Pasuruan

Diterbitkan pada Thursday, 11 June 2009 Pukul 10.08

Selama dalam perjalanan menuju ke Mataram, mereka terus memikirkan apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk melawan Belanda. Mengetahui Untung sudah terus dikenang warga. Sejalan dengan perjalanan waktu, bekas hutan bambu tersebut selanjutnya berubah nama menjadi “Pasuruan” yang sekarang menjadi salah satu nama kota di Jawa Timur, sedangkan nama Untung Suropati menjadi nama jalan dan sebuah sekolah yang ada di Pasuruan.

Macam Varian Dialek-dialek Bahasa Jawa

Diterbitkan pada Saturday, 2 November 2013 Pukul 15.46

Dialek geografi, dialek temporal, serta register dalam Bahasa Jawa sangat kaya sehingga seringkali menyulitkan orang yang mempelajarinya. Berikut adalah Bahasa Banten atau Dialek Banten ini dituturkan di bagian utara Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon dan daerah barat Kabupaten Tangerang. Dialek ini Dalam Dialek Banten, pengucapan huruf 'e', ada dua versi. Ada yang .. Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Pasuruan

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -