sistem pengetahuan dalam suku bugis makassar

Perahu Pinisi Salah Satu Warisan Suku Bugis...

Diterbitkan pada Thursday, 3 April 2014 Pukul 10.47

Pinisi adalah salah satu warisan budaya yang merupakan lambang keperkasaan suku bugis makassar dilautan.dari waktu kewaktu pinisi makin diminati oleh wisatawan mancanegara.Sejak beberapa dekade belakangan ini telah banyak wsatawan mancanegara memesan kapal ini untuk dijadikan sarana wisata bahari,baik dalam b entuk aslinya maupun hasil modifikasi.telah ratusan tahun pinisi berkiprah dinusantara dan bahkan sejak berabad lalu…

Yulia Rahayu: Kebudayaan Masyarakat Bugis

Diterbitkan pada Saturday, 23 November 2013 Pukul 8.46

Religi suku bugis dan makassar pada zaman pra islam adalah sure galigo, sebenarnya keyakinan ini telah mengandung suatu kepercayaan pada satu dewa tunggal, biasa disebut patoto e (dia yang menentukan nasib), C. sistem pengetahuan. Masyarakat bugis adalah masyarakat yang menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Dilihat dari sejarahnya bahwa masyarakat bugis telah memiliki kesusasteraan tertulis sejak berabad-abad lamanya dalam bentuk lontara.

Kekuatan Pesan Amanah Suku Bugis Makassar

Diterbitkan pada Friday, 20 April 2012 Pukul 13.50

Meneropong pengetahuan kearifan lokal bagi suku bugis makassar, dengan menguatkan nilai-nilai ideal yang dilontarkan dalam makna Pappaseng/Pappasang diskursuskan dan terharapkan menjadi keteladan pewarisan 

Laeli Fitriah: Suku Bugis

Diterbitkan pada Thursday, 2 August 2012 Pukul 10.53

Pada zaman pra-Islam, religi orang bugis-makassar, seperti tampak dalam Sure' Galigo, mengandung suatu kepercayaan kepada satu dewa tunggal yang disebut dengan beberapa nama, yaitu: sistem Kekerabatan Kebudayaan suku Bangsa bugis-makassar Oleh Abellia Anggi Wardani 0706164744Program Studi Prancis Fakultas Ilmu pengetahuan BudayaUniversitas IndonesiaBugis merupakan salah satu suku bangsa yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Mu'arif Nr's Blog: Sistem Sosial Budaya Bugis Makassar

Diterbitkan pada Monday, 2 July 2012 Pukul 16.43

dalam makalah ini akan dibahas yakni sistem sosial budaya suku bugis makassar dalam konteks hidup dan perkembangan atau ciri khas mereka. B. Rumusan Masalah. · Apa yang dimaksud dengan sistem sosial budaya?

Blog Ema Lestari: Makalah Bangsa Bugis

Diterbitkan pada Friday, 22 March 2013 Pukul 22.06

suku bugis, toraja, makassar, dsb. Sungguh sangat menarik jika diteliti.Kebudayaan mereka pun tidak jauh berbeda dan saling berhubungan. 1.2 Batasan Pembahasan. 1. Identifikasi suku-Bangsa bugis. 2. sistem Kekerabatan. 3. sistem pengetahuan. 4. Agama Majene dan Mamuju. 2.2 sistem Kekerabatan. Perkawinan dalam hal mencari jodoh dalam kalangan masyarakat desanya sendiri, adat bugis-makassar menetapkan sebagai perkawinan yang ideal : 1.

Kasta Pada Sistem Kemasyarakatan Bugis

Diterbitkan pada Tuesday, 2 April 2013 Pukul 6.30

Dari berbagai definisi budaya, dapat diperoleh pengertian mengenai kebudayaan yaitu sesuatu yang mempengaruhi tingkat pengetahuan yang meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan yang berada dalam penderitaan. Sering kita dengar ungkapan suku makassar berbunyi “Punna tena siriknu, paccenu seng paknia” (kalau tidak ada siri'mu paccelah yang kau pegang teguh).

Holistic: Konsep Kesadaran Harkat Siri' Dalam...

Diterbitkan pada Friday, 20 April 2012 Pukul 7.18

Misalnya mengapa orang Toraja membesarkan upacara pemakaman, sedangkan orang bugis/makassar membesarkan upacara perkawinannya, sementara orang lain dari suku bangsa tertentu tidak berbuat demikian. Mengapa sebagian suku bangsa menguyah daun sirih Secara internalisasi sistem pengetahuan, norma dan nilai, dilakukan lebih utama dalam kehidupan dan dalam pendidikan formal lainnya. Kebudayaan itu tersimpan dalam suku bangsa (etnik), 

Cari Iklan:

- Halaman ini diberdayakan oleh Google dan Bing! -

X