What's New?

pidato sunda jasa ibu dewi sartika

Kumeok Memeh Dipacok: Biografi Raden Dewi Sartika Dan...

Diterbitkan pada Friday, 31 May 2013 Pukul 23.07

Ibu Raden Dewi Sartika,seorang pahlawan Nasional yang menghabiskan masa hidupnya bagi pendidikan dan perjuangan emansipasi wanita Indonesia. Menurut M.E. Reitsma dan Brutel de la riviere(majalah Indie,8 November 1922),tatkala " Koloniale Tentoonstelling" berlangsung di Semarang bulan September 1914,Rd. Dewi Sartika telah mengucapkan pidato dalam Bahasa Melayu tentang pendidikan dan pengajaran gadis Biografi Bahasa Sunda Jenderal Sudirman.

Pahlawan-pahlawan Nasional Dan Biografinya...

Diterbitkan pada Sunday, 4 August 2013 Pukul 22.00

Profil dan biografi dewi sartika – Artikel kali ini tentang biografi pahlawan wanita nasional indonesia yaitu Profil dan biografi dewi sartika nahhh untuk lebih mengenal sejarah berikut jasa pahlawan mari kita simak biodata dewi sartika dan apakah mari kita sedikit mengenal beliau dalam mempelajari riwayat hidup ibu dewi sartika agar kita terpacu semangat untuk selalu belajar dan belajar biar pinter dan turut melanjutkan perjuangan nya dalam pendidikan.

Dewi Sartika « Great Sunda

Diterbitkan pada Thursday, 5 September 2013 Pukul 12.30

dewi sartika Jasa-jasa Raden Dewi sartika terhadap bangsanya telah diakui secara resmi. Dia telah diangkat sebagai salah seorang pahlawan nasional. Dia dianggap sebagai pelopor pendidikan wanita.Ensiklopedi Umum menyebutnya sebagai “Raden Ajeng Kartini Dengan demikina Dewi Sartika pun ikut mengalami kesulitan hidup yang dialami oleh ibunya yang tidak mempunyai keterampilan dan semata-mata menggantungkan hidupnya kepada suaminya.

Ra Kartini Atau Dewi Sartika

Diterbitkan pada Wednesday, 21 April 2010 Pukul 21.28

Di sebuah ruangan kecil, di belakang rumah ibunya di Bandung, Dewi Sartika mengajar di hadapan anggota keluarganya yang perempuan. Pada tahun-tahun berikutnya di beberapa wilayah Pasundan bermunculan beberapa Sakola Istri, terutama yang dikelola oleh perempuan-perempuan Sunda yang memiliki cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika. Atas jasanya dalam bidang ini, Dewi Sartika dianugerahi bintang jasa oleh pemerintah Hindia-Belanda.

Oto Iskandar Dinata

Diterbitkan pada Monday, 19 March 2012 Pukul 17.44

Ayahnya bernama R. Nataatmaja, yang berganti nama menjadi R.H. Adam Rakhmat setelah pulang dari ibadah haji dan ibunya bernama Siti Hadijah. . Pamuda Sunda, saat itu dalam KPS I (Kongres Pemuda Sunda I), salah satu butir nya, menghasilkan keputusan bahwa: R.Otto IskandarDinata, sebagai Bapak Sunda.dan mengusulkan kepada Pemerintah untuk mengangkatnya sebagai salahsatu Pahlawan Nasional, serta Raden Dewi Sartika menjadi Ibu Sunda.

Dewi Sartika

Diterbitkan pada Saturday, 1 October 2011 Pukul 13.59

Sepeninggal ayahnya, Dewi Sartika dirawat oleh pamannya (kakak ibunya) yang berkedudukan sebagai patih di Cicalengka. Dari pamannya Pada tahun-tahun berikutnya di beberapa wilayah Pasundan bermunculan beberapa Sakola Istri, terutama yang dikelola oleh perempuan-perempuan Sunda yang memiliki cita-cita yang sama dengan Dewi Sartika. Pada tahun 1912 Atas jasanya dalam bidang ini, Dewi Sartika dianugerahi bintang jasa oleh pemerintah Hindia-Belanda.

Ra.dewi Sartika (bhs.sunda)

Diterbitkan pada Thursday, 22 September 2011 Pukul 20.16

Dewi Sartika (Bhs.Sunda). Dewi Sartika (Lahirdi Bandung,4 Desember 1884-pupus di Tasikmalaya 11 September 1947) nyaeta tokoh anu ngarintis Pendidikan keur kaom Istri jeung mangrupakeun salah sahiji tokoh Pahlawan Nasional. Dewi Sartika Meski ngalanggar adat harita,Ibu Ramana keukeuh nyakolakeun Dewi Sartika,ka sakola Walanda deui.Sapupus Ku jasana ieu,Dewi Sartika dipasihan bintang jasa ku pamarentah Hindia-Walanda. ~The End~.

Dewi Sartika, Simbol Perjuangan Emansipasi Wanita

Diterbitkan pada Tuesday, 23 April 2013 Pukul 23.00

Dewi Sartika lahir di Bandung pada 4 Desember 1884 dari ayah yang bernama Raden Rangga Somanagara dan ibu yang bernama Raden Ayu Rajapermas. Kakek dari ibunya adalah mantan Bupati Bandung yakni Adipati Istri keempat pamannya yang bernama Nyi Raden Eni atau disapa Agan Eni menerima gadis-gadis yang ingin mondok dan belajar etika seorang perempuan Menak Sunda. Namun ternyata mereka tetap saja tidak diajari baca tulis karena 

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -