What's New?

pantun penyerahan calon mempelai pria

Indonesia Wedding Culture: Pernikahan Adat Betawi

Diterbitkan pada Tuesday, 28 July 2009 Pukul 1.05

Ada pun maksud penyerahan uang sembah ini adalah sebagai pembuka hubungan antara si pemuda dengan gadisnya. Di samping itu, pada han Kemudian sebagai syarat diterimanya calon mempelai pria, harus melewati dahulu palang pintu yang dijaga oleh jawara Betawi dari pihak calin mempelai wanita. Acara ini dilaksanakan pihak calon mempelai wanita. Para penjaga pintu mempelai wanita kemudian membuka percakapan dengan sejumlah pantun.

Kumpulan Para Pantun: Seni Palang Pintu Warisan Budaya...

Diterbitkan pada Wednesday, 27 February 2013 Pukul 9.37

Palang pintu adalah seni budaya yg biasa nya di gunakan atau dapat dilihat atraksinya di berbagai acara adat betawi, seperti perkawinan khususnya saat kedatangan besan (calon pengantin mempelai pria), penerimaan 

Pesan Tim Palang Pintu

Diterbitkan pada Friday, 23 May 2014 Pukul 17.33

Palang pintu adalah seni budaya yg biasa nya di gunakan atau dapat dilihat atraksinya di berbagai acara adat betawi, seperti perkimpoian khususnya saat kedatangan besan (calon pengantin mempelai pria), penerimaan tamu kehormatan, dan lain-lain. "Palang pintu jadi tradisi betawi zaman dulu Agar abang terima dengan senang hati"Kalimat ini juga biasa disampaikan sebagai tanda pantun selamat datang dalam seni palang pintu. Untuk anda yang berminta 

Putrasunda: Pernikahan Adat Sunda

Diterbitkan pada Friday, 24 January 2014 Pukul 9.47

Seminggu atau 3 hari menjelang peresmian pernikahan, di rumah calon mempelai berlangsung sejumpah persiapan yang mengawali proses pernikahan, yaitu Ngebakan atau Siraman. Berupa acara memandikan calon . Penyambutan calon pengantin Pria, oleh pihak keluarga calon mempelai wanita; Penyerahan calon Pengantin Pria. Yang mewakili mengetuk pintu tiga kali. Diadakan tanya jawab dengan pantun bersahutan dari dalam dan luar pintu rumah.

Jelang Akad, Ibas Jalani Prosesi Adat Komering :: Okezone...

Diterbitkan pada Thursday, 24 November 2011 Pukul 3.01

Setelah itu, Buka Kandang Adat menjadi ritual lanjutan di mana juru bicara (jubir) calon mempelai pria dan calon mempelai wanita maju ke dekat Kandang Adat dan saling berpantun untuk membuka Kandang Adat. Kandang Adat Kemudian jubir calon pengantin wanita membuka tepak sirih dan memersilahkan jubir calon pengantin pria mencicipi sirih dan sebaiknya dengan dialog berupa pantun. Ritual berlanjut dengan acara penyerahan calon pengantin pria.

Tradisi Batandang Muda Mudi Di Alam Kerinci...

Diterbitkan pada Wednesday, 1 July 2015 Pukul 2.15

Dalam suasana keramaian di malam hari menjelang puncak acara upacara tradisional bersenandung atau betale bersama dengan cara berbalas pantun dan terkadang di penghujung menjelang larut malam mereka menari bersama tari tarian khas suku Sejak kesepakatan ini diperoleh, maka sang pujaan hati tidak lagi dapat sesuka hati keluar rumah atau ngelinjang kerumah orang lain kecuali kerabat dekat, biasanya calon mempelai wanita di pingit/dibatasi untuk keluar rumah.

Mengenal Lebih Dekat Tradisi

Diterbitkan pada Sunday, 5 October 2014 Pukul 6.42

Palang pintu adalah seni budaya yg biasa nya di gunakan atau dapat dilihat atraksinya di berbagai acara adat betawi, seperti perkawinan khususnya saat kedatangan besan (calon pengantin mempelai pria), penerimaan Dalam prosesi Buka Palang Pintu, terdapat konvensi urutan, mulai dari ngarak diiringi shalawat dustur atau yang lebih dikenal dengan shalawat Nabi, besambut pantun, beklai (berkelahi-red), dan pelantunan sike (pembacaan ayat Al Quran).

Upacara Adat Pernikahan Sunda ( 2 )

Diterbitkan pada Saturday, 3 January 2015 Pukul 20.37

Setibanya rombongan calon pengantin pria di kediaman calon pengantin wanita, kemudian disambut dengan pengalungan bunga kepada calon pengantin pria yang dilakukan oleh ibu calon mempelai wanita, kemudian setelah bersalaman calon pengantin pria diapit oleh kedua orang tua dari calon pengantin wanita penyerahan seserahan secara simbolis , di lakukan oleh ibu calon pengantin pria kepada ibu calon . maka terjadilah tanya jawab dalam bentuk berbalas pantun

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -