What's New?

legenda tangkuban perahu dalam bahasa jawa dengan unsur intrinsiknya

Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Diterbitkan pada Monday, 8 October 2007 Pukul 16.06

Di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bandung terdapat sebuah tempat rekreasi yang sangat indah yaitu Gunung Tangkuban Perahu. iiahh!!! a jga carinya cerita dalam bahasa inggris!!!! knapa GAK ADA??? Balas. Rosyida 

Kuliah

Diterbitkan pada Friday, 8 January 2010 Pukul 12.28

Terkadang beberapa cerita yang berbeda memiliki kemiripan, seperti kisah Roro Anteng, Roro Jonggrang, dan Dayang Sumbi (legenda Gunung Tangkuban Perahu) yang menggunakan taktik sama dalam menolak lamaran. Selain menelaah unsur-unsur intrinsiknya, cara mengkaji cerita rakyat (bagian sastra) yaitu dengan menelusuri tata nilai yang ada di dalamnya. Menurut Rawa pening sebagai salah satu rawa di Jawa Tengah menyimpan banyak cerita.

Bahasa & Sastra Indonesia: Sastra

Diterbitkan pada Monday, 3 March 2014 Pukul 11.47

Drama adalah dialog antar 1 orang dengan orang yang lain atau dengan lebih dari 1 orang yang disusun berdasarkan skenario yang dipentaskan di dalam suatu pentas atau media baik hanya secara pendengaran saja maupun secara visual . suatu tempat (Tangkuban perahu); Dongeng Kawih : dongeng dari berbagai daerah. Dongeng Nyi Bungsu Karang (sunda). Dongeng Menggetah Buring ( tapanuli). Dongeng walangcantung (jawa). Dongen kowakjali (jawa).

Mengasah Potensi Anak Dengan Dongeng

Diterbitkan pada Tuesday, 18 September 2012 Pukul 13.09

Contoh legenda adalah sebagai berikut (1) Sangkuriang (terjadinya Gunung Tangkubanperahu, dari Jawa Barat), (2) Sri Tanjung (asal-usul terjadinya kota Banyuwangi, dari Jawa Timur), dan (3) Malin Kundang (dari Sumatra Barat) dan sebagainya. lara atau dalam arti penghibur ketegangan yang ada pada masyarakat. Unsur Intrinsik Dongeng Sebagai sebuah karya sastra yang berbentuk prosa, tentunya dongeng memiliki unsur-unsur pembangun karya sastra.

Welcome To Seireitei: Sastra

Diterbitkan pada Thursday, 2 May 2013 Pukul 20.05

Dalam bahasa Jawa, misalnya, dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan, dan dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa (baca: uppasa). Lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau 

Fafa Cho Ifa 乂ღ˘˘ノ: Dongeng

Diterbitkan pada Tuesday, 5 November 2013 Pukul 8.57

A. Pengertian Dongeng Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi. Dalam Ensiklopedi Indonesia, dongeng memiliki pengertian cerita singkat tentang hal-hal aneh dan tidak masuk akal, berbagai keajaiban dan kesaktian yang biasanya mengisahkan dewa, raja, pangeran, dan putrid. 3. Contoh Legenda : Terjadinya Tangkuban Perahu, Asal-usul Banyuwangi 3. ada 7 unsur intrinsik dongeng antara lain : 1.

Kesusastraan Indonesia

Diterbitkan pada Thursday, 9 May 2013 Pukul 19.09

Sastra Indonesia merupakan unsur bahasa yang terdapat di dalam bahasa Indonesia, berdasarkan garis besarnya sastra berarti bahasa yang indah atau tertata dengan baik, dan gaya penyajiannya menarik, sehingga . Bila pelaku populer fabel pada masyarakat Melayu itu adalah kancil,maka di Jawa barat adalah kera, di Eropa serigala, dan di Kamboja kelinci. · Legenda. Legenda atau dongeng tentang asal-usul,terbagi ke dalam tiga jenis, yakni sebagai berikut.

Batu Malin Kundang Tergerus Abrasi? Biarkan Saja!

Diterbitkan pada Tuesday, 9 April 2013 Pukul 0.40

Di sana dicontohkan dengan cerita Robin Covering yang dikaitkan dengan Raja Richard I. Di dalam masyarakat kita juga banyak legenda yang berhubungan dengan sejarah. Misalnya, legenda tentang Sangkuriang dan hubungannya dengan terciptanya Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, Gunung Bukit Tunggul, dan Danau Bandung. Di wiki dijelaskan bukti sejarah kaitan danau dan gunung-gunung itu dengan sebuah peristiwa alam besar.

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -