What's New?

kumpulan carita babad sunda anu aya sumbernya

Buddy I.a Nataatmadja: Pasundan

Diterbitkan pada Monday, 4 May 2009 Pukul 7.13

anu asalna rayat Pajajaran. Tradisi tulisan ngawujud dina naskah, saperti Babad Pajajaran, Carios Prabu Siliwangi, Wawacan Kean Santang, Sajarah Banten, Carita Dalem Pasehan. Mundinglaya di Kusumah, putera raja Pajajaran, Padahal dina sumber-sumber sajarah mah (prasasti, naskah primer, beja ti mancanagara) di Tanah Sunda teu aya nagara anu jenenganana Pajajaran. Istilah Pajajaran atawa lengkepna Pakuan Pajajaran dina eta sumber sajarah 

Sejarawan Galuh: Ciamis Kembalikan Lagi Ke Galuh

Diterbitkan pada Saturday, 22 June 2013 Pukul 1.24

Menurut naskah/babad berjudul Wawacan Sajarah Galuh, di Tatar Sunda, kata/nama “galuh“ sudah digunakan sejak zaman prasejarah yang ditujukan pada nama ratu, yakni Ratu Galuh yang mendirikan negara/kerajaan di daerah Perlu dikemukakan, bahwa cerita tentang Ratu Galuh bukan sejarah, melainkan cerita mitos, karena tidak jelas sumbernya, sehingga tidak menyebut waktu peritiwa yang jelas pula. . Kudu aya pamilih antara hadé jeung goréng.

Rohidin, Sultan Patra Kusumah Viii

Diterbitkan pada Thursday, 25 November 2010 Pukul 15.21

Babad Pajajaran atau Babad Pakuan, misalnya, semata mengisahkan “petualangan” Surawisesa (Guru Gantangan) dengan sebuah cerita Panji. DJUNAEDI perlu bukti. 1 April 2012 pukul 04:38. Balas. tah sumber nu tadi di http://www.wikipedia.org akurat. branda jesicka Pun Sampun hapunten anu kasuhun, Asalammuallaikum Wr, Wb. Sunda kasundaan teu ujug-ujug aya di jejeran kucarita anu natrat, undur jaman datang jaman ganti dei lalakon lalakon nu rupa- 

Dimanakah Makam Prabu Kian Santang?

Diterbitkan pada Sunday, 4 November 2007 Pukul 7.00

ari saur pribados mah nu penting sanes kuburan jasadna nu penting mah dimana ayena ayana kuburan ilmu kaislamanana anu terkubur. keun wae ari kuburan jasad mah da aya babad caritana hayu urang nyukcruk galur ilmuna keur ngaluhurkeun darajat kaislaman urang sadaya. iqbal ti sukabumi .. itu menyesatkan. apa lagi cerita itu berasal dari orang yang sumbernya ga jelas alias “katanya/konon” baca bukunya “CARUBAN NAGARI” atau sejarah kota bogor

Next Membangun Peradaban Berkeadilan

Diterbitkan pada Monday, 3 January 2011 Pukul 4.36

Ringkas cerita,setelah semua musuh dapat dikalahkan dan mereka diampuni bahkan diangkat menjadi senapati di negara asal masing-masing, Raden Suryaningrat dengan istrinya hidup tentram di negara Banurungsit. Naskah kitab etangan dipergunakan sebagai sumber petunjuk apabila hendak melakukan suatu pekerjaan, baik pekerjaan yang berhubungan dengan pertanian maupun dengan urusan bepergian, perjodohan serta urusan-urusan lainnya.

Naskah Sunda Kuno

Diterbitkan pada Wednesday, 28 November 2012 Pukul 7.21

Blog Urang Sunda - Kumpulan Catatan, Wasiat, Sejarah, Kisah, Naskah Kuno, Agama, Seni, Bahasa dan Budaya Sunda. Naskah ini berisi cerita tentang kisah seorang tokoh yang bernama Keyan Santang (Ki Hyang Sancang) putra Raja Padjajaran Sewu. Baru saja ia tinggal landas, di atasnya terdengar suara tanpa wujud sumbernya, "Engkau bernama Geranta Sentra!" Dihandap Aya Seratan Anu Pakuat-Pakait Sareng Seratan Diluhur, Mangga Diaprak.

Cakrabuana, Syarif Hidayatullah, Dan Kian Santang; Tiga...

Diterbitkan pada Thursday, 3 April 2008 Pukul 17.10

Padahal dalam sumber sejarah lokal (cerita babad), dua nama tersebut merupakan dua nama berbeda dari dua aktor sejarah dan memiliki peranan serta kedudukan yang berbeda pula dalam proses penyebaran Islam di tanah Pasundan (dan Seueur rohangan kanggo ngaronjatkeun “KASUNDAAN” di Facebook, aya “group” SKKS-Sim Kuring Katurunan Sunda anu antukna mah anu kagungan alpukah, ngadamel oge SKKS-Sawala Kandaga Kalang Sunda!

Ramalan Jayabaya Dan Presiden 2014

Diterbitkan pada Tuesday, 2 July 2013 Pukul 7.41

Prinsip-prinsip tersebut dijadikan sebagai sumber dari filsafat dan way of life yang diyakininya, dan mencerminkan spiritualitas Jawa yang bersifat holistic spirituality, yang memberikan inspirasi pandangan hidup pada Gadjah Mada. Penduduk di provinsi ini lebih dikenal dengan sebutan 'orang Sunda' atau 'suku Sunda', sementara daerahnya sering terkenal dengan sebutan 'Tatar Sunda', PaSundan, atau 'Bumi Parahyangan' dengan Bandung sebagai pusatnya.

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -