What's New?

dongeng basa sunda ciung wanara jeung unsur intrinsikna

Bahasa Dan Sastra (kita Bisa): Pertemuan 1

Diterbitkan pada Saturday, 6 July 2013 Pukul 2.17

Sage, adalah cerita lama yang di dalamnya mengandung unsur sejarah atau yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan tentang kepahlawanan,keperkasaan, serta kesaktian, keberanian, dan keajaiban para raja, pangeran Beberapa contoh sage, adalah: Calon Arang, Ciung Wanara, Airlangga, Panji, Smaradahana, Kesaktian Hang Tuah, Lutung Kasarung, Damarwulan, Angleng Darma Dongeng Kesaktian dan keperkasaan Patih Gajah Mada dll.

Welcome To Seireitei: Sastra

Diterbitkan pada Thursday, 2 May 2013 Pukul 20.05

Dalam bahasa Jawa, misalnya, dikenal sebagai parikan, dalam bahasa Sunda dikenal sebagai paparikan, dan dalam bahasa Batak dikenal sebagai umpasa (baca: uppasa). Lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau 

The Journal: Telaah Prosa

Diterbitkan pada Wednesday, 7 March 2012 Pukul 22.51

Menurut Abrams, prosa paling sering diartikan sebagai penggunaan bahasa sehari-hari yang dibedakan dari pola-pola pengulangan satuan bahasa bermetrum pada baris puisi. Dongeng sendiri banyak ragamnya, yaitu sebagai berikut: film, dll. menurut selera pribadi penulis sehingga bersifat sangat subjektif atau sangat pribadi. C. Unsur-unsur prosa. 1. Unsur Intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang terdapat dalam prosa. Unsur Intrinsik Prosa meliputi: a.

Sejarah Sastra Indonesia

Diterbitkan pada Friday, 14 February 2014 Pukul 10.57

SASTRA INDONESIA A. Sejarah Sastra Indonesia Sastra (Sanskerta: shastra) merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta__stra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar __s- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Cerita pantung Lutung Kasarung, Mundinglaya Dikusumah, Nyi Sumur Bandung, Ciung Wanara, Panggung Karaton, untuk waktu yang lama ikut membentuk tata nilai etik masyarakat Sunda.

Pengertian Dongeng, Jenis-jenis Dongeng Dan Ciri-ciri...

Diterbitkan pada Sunday, 6 April 2014 Pukul 13.22

Menurut Bascom dalam Danandjaja (2007:50) “Dongeng adalah prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh empunya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat.” Sage adalah dongeng yang di dalamnya mengandung unsur sejarah, namun tetap sukar dipercaya kebenaranya karena unsur sejarahya terdesak oleh unsur fantasi. Contohnya dongeng Ciung Wanara dan Jaka Tarub. . Pengertian Cerpen dan Unsur Intrinsik Ektrinsik Cerpen.

Balangantrang: Pantun Sunda

Diterbitkan pada Wednesday, 27 April 2011 Pukul 8.33

Pantun Sunda saat ini sudah hampir musnah tergeser oleh kesenian pop, namun pengaruh kesenian pop itu sendiri sangat sulit mempengaruhi seni dan cerita Pantun. Memang ada perubahan instrumen kecapi pantun yang 

Bahan Ajar: Dongeng

Diterbitkan pada Thursday, 30 August 2012 Pukul 6.24

Contoh : Calon Arang, Ciung Wanara, Airlangga, Panji, Smaradahana, dan lain-lain. Parabel, adalah cerita rekaan yang Seperti prosa yang lain, dongeng juga tersusun atas dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang Related Posts : Bahan Ajar: Pantun (Sumber gbr:borneophotography.org) Materi pelajaran Bahasa Indonesia terbagi menjadi dua bagian, yaitu materi kebahasaan dan materi kesast… Read More.

Sastra

Diterbitkan pada Tuesday, 30 April 2013 Pukul 20.23

Sastra Sastra (Sanskerta: शास्त्र, shastra) merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Contoh : Calon Arang, Ciung Wanara, Airlangga, Panji, Smaradahana, dan lain-lain. Parabel Dongeng jenaka, adalah cerita tentang tingkah laku orang bodoh, malas atau cerdik dan masing-masing dilukiskan secara humor.

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -

x

Pasang iklan melalui perangkat Android Anda secara langsung. Klik disini untuk menginstall IklanGratiz Android.