contoh cerita pengalaman bahasa jawa ngoko

Saya Dan Bahasa

Diterbitkan pada Thursday, 24 May 2007 Pukul 0.05

Secara umum bahasa jawa terbagi kepada dua peringkat, yakni krama (halus) dan ngoko (kasar); bahasa krama masih dibagi lagi antara krama dan krama inggil (halus dan tinggi). Artinya kalau saya berbahasa krama kepada seseorang . bahasa jawa karena tuntutan keadaan. Dua buku saya, kumpulan cerita pendek Saksi Mata dan novel Jazz, Parfum, dan Insiden bermain dengan materi situasi sosial politik di Timor Timur dan terbit semasa Orde Baru. Karena 

Suatu Hikmah (saat Pertemuan Dengan Gus Dur...

Diterbitkan pada Friday, 24 February 2012 Pukul 13.32

(Pake Jahe enggak Gus?) Beliau bilang dalam bahasa jawa ngoko,”…iku lak senengane Mbah Mangir…sambil termehek, persis sebagaimana kebiasaan beliau sewaktu masih hidup dengan raganya. Para leluhur yang lain 

Kamus Bahasa Jawa Lengkap (ngoko, Krama, Dan Krama...

Diterbitkan pada Thursday, 24 October 2013 Pukul 16.00

Berbagi pengalaman, Wawasan, Hobi, dan Inspirasi. Tutorial WordPress Pemula . Jika Anda ingin mencari arti kata bahasa jawa, sebagai contoh kata "pendet", maka terlebih dahulu Anda pilih di bagian Choose dengan pilihan Krama - ngoko, lalu ketikkan di isian sebelah kanannya dengan kata yang ingin dicari artinya, misal "pendet", lalu klik tombol Translate. Maka akan tampil seperti berikut: 

Bahasa Jawa

Diterbitkan pada Wednesday, 2 September 2009 Pukul 16.03

Gosipnya niy, kalo di Malioboro itu nawarnya kudu pake bahasa jawa biar ngga dikasih mahal. Saya bisa siy bahasa jawa, tapi bahasa Jawanya orang Surabaya itu lho alias bahasa jawa Timuran alias bahasa jawa ngoko

Sdn Jogomerto 1: Rpp Bahasa Jawa Kelas 3

Diterbitkan pada Saturday, 22 June 2013 Pukul 9.34

cerita tentang pengalaman menarik. - Basa ngoko dan krama. c. Pertemuan ketiga. - Teks tembang dolanan. - Padanan kata (sinonim). d. Pertemuan keempat. - Gambar seri tentang kegiatan. - Huruf jawa legena (ha s.d. la). e. Pertemuan kedua. Tembang dolanan. 3. Metode Pembelajaran Ø Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara membaca sesuai dengan lafal dan intonasi yang benar. Ø Siswa membaca bersuara teks tembang dolanan 

Cipta Media Seluler

Diterbitkan pada Tuesday, 25 February 2014 Pukul 15.00

Cara Mengatasi: Saya akan membuat aplikasi kamus bahasa Inggris – jawa ngokojawa Krama – Indonesia yang berbasis platform android, dengan ribuan kosakata dan mudah digunakan serta dipelajari. Lama Aktivitas:.

Bahasa Jawa

Diterbitkan pada Monday, 22 October 2007 Pukul 1.47

Lha gimana nggak, bahasa jawa, dari tujuh tingkatan bahasa dari yang terendah sampai yang tertinggi (ngoko, ngoko andhap, madhya, madhyantara, kromo, kromo inggil, bagongan, kedhaton), kok yang fasih dan fluent cuma ngoko. berangkat dari pengalaman yang kemudian direfleksikan, muncul suatu kesimpulan kalo bahasa jawa adalah bahasa yang paling tidak praktis dan paling gak demokratis. setiap berbicara dengan orang, musti dinilai dulu kastanya.

Petilasan Sabdapalon Dan Noyo Genggong (mojokerto...

Diterbitkan pada Saturday, 21 July 2012 Pukul 8.21

Tidak diketahui apakah tokoh ini benar-benar ada, namun namanya disebut-sebut dalam Serat Darmagandhul, suatu tembang macapat kesusastraan jawa Baru berbahasa jawa ngoko. Dalam Serat tersebut . cerita itu juga memuat pengertian, bahwa 500 tahun setelah runtuhnya Majapahit, rakyat jawa (Nusantara) akan tumbuh kembali kesadarannya sebagai bangsa terjajah dan akan memiliki kesetiaan kembali kepada pemimpin bangsanya. Munculnya rasa 

Cari Iklan:

- Halaman ini diberdayakan oleh Google dan Bing! -

X