cerita sangkuriang beserta latar tempat waktu sosial amanat

Cara Menemukan Hal Menarik Dari Dongeng...

Diterbitkan pada Tuesday, 29 October 2013 Pukul 10.34

cerita rakyat mengandung berbagai hal yang menyangkut hidup dan kehidupan masyarakat, misalnya mengenai sistem nilai, kepercayaan dan agama, kaidah-kaidah sosial, dan etos kerja. Oleh karena Begitu juga dengan cerita rakyat 'Raden Sandhi” yang sudah Anda baca pasti mengandung isi dan amanat yang didasari nilai-nilai yang dianut oleh rakyat Sambas. cerita latar atau setting merupakan tempat, waktu, dan keadaan terjadinya suatu peristiwa. 5.

Blogger Cintia: Bahasa Indonesia

Diterbitkan pada Tuesday, 11 December 2012 Pukul 22.55

latar. latar adalah tempat, waktu, dan suasana terjadinya rangkaian peristiwa dalam sebuah cerita. latar memberikan gambaran atu penjelasan tentang kapan, di mana, dan bagaimana cerita berlangsung dari awal hingga akhir. e. Adapun penyampaian amanat secara tersirat atau ekplisit yaitu amanat tidak langsung tertulis dalam cerita, tetapi bisa ditafsirkan dari percakapan tokoh, peristiwa yang menimpa tokoh, atau akibat yang terjadi pada tokoh dalam akhir 

Cerita Rakyat Sangkuriang

Diterbitkan pada Wednesday, 1 May 2013 Pukul 13.29

Sumber: http://www.lokerseni.web.id/2012/01/cerita-rakyat-sangkuriang.html. Unsur yang terdapat dalam cerita rakyar sangkuriang adalah: latar waktu: Siang hari, Malam hari. latar tempat : Hutan, Sungai. Alur: Maju amanat: Janganlah kita membantah perkataan orang tua, janganlah menyiksa hewan peliharaan kita sendiri dan yang paling utama adalah jangan pernah mengikuti hawa nafsu untuk mudah mengeluarkan amarah. Diposkan 30th April 2013 oleh fachryan maulana.

World To Learn & Creative And Spirit: Prosa

Diterbitkan pada Wednesday, 18 November 2009 Pukul 20.54

Roman : cerita yang mengisahkan pelaku utama dari kecil sampai mati, mengungkap adat/aspek kehidupan suatu masyarakat secara mendetail/menyeluruh, alur bercabang-cabang (banyak digresi/pelanturan). Misal : amanat disebut juga pesan atau nasihat. latar atau setting adalah gambaran tempat, waktu, dan suasana, serta keadaan sosial budaya, ekonomi, politik, dan sebagainya yang dipakai sebagai pijakan bagi belangsungnya suatu kisah/peristiwa.

Unsur-unsur Drama (tokoh, Latar, Dan Amanat...

Diterbitkan pada Tuesday, 18 December 2012 Pukul 16.41

Sifat iri dan dengki, kejam, penindas dan sebagainya; latar atau setting adalah gambaran tempat, waktu dan situasi peristiwa dalam cerita drama; amanat drama adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada penonton. Tema : kehidupan sosial; Tokoh : Ayah, Ibu, Anak 1(Maman), Anak 2 (Martha); Watak tokoh : Ibu berwatak khawatir dan penyayang, Martha berwatak pembela keadilan; amanat : jika ingin beraktivitas setelah pulang sekolah (kuliah) 

Aspari's Blog: Cerita Rakyat

Diterbitkan pada Sunday, 29 April 2012 Pukul 9.08

sangkuriang, dan lain-lain. Ø Unsur intrinsik cerita rakyat : a. Tema, yaitu pokok pikiran yang menjadi jiwa dan dasar cerita. b. Alur atau plot, yaitu rangkaian peristiwa yang dibuat dan dijalin dengan teliti untuk membentuk suatu cerita dalam c. latar cerita/setting, yaitu gambaran/keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana berlangsungnya peristiwa dalam cerita. latar cerita mencakup: a. latar waktu (siang, dahulu kala, tahun 1945, dan sebagainya);. b. latar 

Cerita Rakyat

Diterbitkan pada Wednesday, 1 May 2013 Pukul 8.49

cerita Rakyat. 1. Pengertian cerita rakyat. cerita rakyat merupakan cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa. 2. Macam-macam cerita latar: tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. f. Sudut pandang: Sudut amanat: pesan yang terdapat dalam cerita. 4. Nilai-nilai dalam cerita 

Clan Student Of Indonesia: Cerita Rakyat Beserta Unsur Intristik

Diterbitkan pada Wednesday, 16 June 2010 Pukul 22.04

Pada suatu waktu, hiduplah sebuah keluarga nelayan di pesisir pantai wilayah Sumatera Barat. Sebagaimana tema, amanat dapat disampaikan secara implisit yaitu dengan cara memberikan ajaran moral atau pesan dalam tingkah laku atau peristiwa yang terjadi pada tokoh menjelang cerita berakhir, dan dapat pula latar sosial, mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi.

Cari Iklan:

- Halaman ini diberdayakan oleh Google dan Bing! -

X