cerita sangkuriang beserta latar tempat waktu sosial amanat

Aspari's Blog: Cerita Rakyat

Diterbitkan pada Sunday, 29 April 2012 Pukul 9.08

Øcerita rakyat adalah cerita dari zaman dahulu yang berkembang dan hidup di kalangan masyarakat secara turun-temurun yang disampaikan secara lisan. Ø Ciri-ciri (karakteristik) cerita rakyat : c. latar cerita/setting, yaitu gambaran/keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana berlangsungnya peristiwa dalam cerita. latar cerita mencakup: a. latar waktu (siang, dahulu kala, tahun 1945, dan sebagainya);. b. latar tempat (di sekolah, di kantor, di suatu kota, 

Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Diterbitkan pada Monday, 8 October 2007 Pukul 16.06

Diberi nama seperti karena bentuknya memang menyerupai perahu yang terbalik. Konon menurut cerita rakyat parahyangan gunung itu memang merupakan perahu yang terbalik. Berikut ini ceritanya. Beribu-ribu tahun yang lalu, Tidak jauh dari tempat itu terdapat tunggul pohon sisa dari tebangan sangkuriang, sekarang kita mengenalnya sebagai Bukit Tunggul. kalau bisa dan analisa cerita dan deskriptib fakta sosial yang terkandung dalam cerita rakyar.

Cerita Rakyat Sangkuriang

Diterbitkan pada Wednesday, 1 May 2013 Pukul 13.29

Sumber: http://www.lokerseni.web.id/2012/01/cerita-rakyat-sangkuriang.html. Unsur yang terdapat dalam cerita rakyar sangkuriang adalah: latar waktu: Siang hari, Malam hari. latar tempat : Hutan, Sungai. Alur: Maju amanat: Janganlah kita membantah perkataan orang tua, janganlah menyiksa hewan peliharaan kita sendiri dan yang paling utama adalah jangan pernah mengikuti hawa nafsu untuk mudah mengeluarkan amarah. Diposkan 30th April 2013 oleh fachryan maulana.

Unsur Intrinsik Dan Ekstrinsik Karya Sastra...

Diterbitkan pada Wednesday, 13 April 2011 Pukul 11.03

Unsur-unsur intrinsik karya sastra adalah : TEMA amanat ALUR/PLOT PERWATAKAN/PENOKOHAN latar/SETTING SUDUT PANDANG/POINT OF VIEW UNSUR-UNSUR INTRINSIK A. TEMA adalah sesuatu yang menjadi pokok masalah/pokok pikiran latar tempat. adalah latar dimana pelaku berada atau cerita terjadi (di sekolah, di kota, di ruangan dll). 2. latar waktu. adalah kapan cerita itu terjadi ( pagi, siang,malam, kemarin, besuk dll). 3. latar suasana.

Blogger Cintia: Bahasa Indonesia

Diterbitkan pada Tuesday, 11 December 2012 Pukul 22.55

latar. latar adalah tempat, waktu, dan suasana terjadinya rangkaian peristiwa dalam sebuah cerita. latar memberikan gambaran atu penjelasan tentang kapan, di mana, dan bagaimana cerita berlangsung dari awal hingga akhir. e. Adapun penyampaian amanat secara tersirat atau ekplisit yaitu amanat tidak langsung tertulis dalam cerita, tetapi bisa ditafsirkan dari percakapan tokoh, peristiwa yang menimpa tokoh, atau akibat yang terjadi pada tokoh dalam akhir 

Unsur-unsur Drama (tokoh, Latar, Dan Amanat...

Diterbitkan pada Tuesday, 18 December 2012 Pukul 16.41

Sifat iri dan dengki, kejam, penindas dan sebagainya; latar atau setting adalah gambaran tempat, waktu dan situasi peristiwa dalam cerita drama; amanat drama adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada penonton. Tema : kehidupan sosial; Tokoh : Ayah, Ibu, Anak 1(Maman), Anak 2 (Martha); Watak tokoh : Ibu berwatak khawatir dan penyayang, Martha berwatak pembela keadilan; amanat : jika ingin beraktivitas setelah pulang sekolah (kuliah) 

Cerita Rakyat Di Mata Juru Cerita

Diterbitkan pada Thursday, 8 May 2014 Pukul 18.58

Kerangka besar cerita tersebut beserta spirit yang menyertainya, saya pakai untuk alur kisah tokoh yang hidup di masa kini. “cerita bukan hanya alur dan latar, namun amanat dan pesan. Bertahun-tahun lalu inilah yang 

Clan Student Of Indonesia: Cerita Rakyat Beserta Unsur Intristik

Diterbitkan pada Wednesday, 16 June 2010 Pukul 22.04

Pada suatu waktu, hiduplah sebuah keluarga nelayan di pesisir pantai wilayah Sumatera Barat. Sebagaimana tema, amanat dapat disampaikan secara implisit yaitu dengan cara memberikan ajaran moral atau pesan dalam tingkah laku atau peristiwa yang terjadi pada tokoh menjelang cerita berakhir, dan dapat pula latar sosial, mengacu pada hal-hal yang berhubungan dengan perilaku sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi.

Cari Iklan:

- Halaman ini diberdayakan oleh Google dan Bing! -

X