What's New?

carpon basa sunda lengkap dengan teme pelaku amanat

Hello World!

Diterbitkan pada Friday, 29 October 2010 Pukul 5.20

unsur ekstrinsik: 1. amanat: Kita tidak boleh hidup egois mementingkan diri sendiri. 2. tema: religi, keagamaan, 3. setting: -waktu: pagi hari -suasana: menyedihkan,menegangkan -tempat: Surau, Rumah Ajo Sidi, Rumah Aku 4. alur: campuran Istri aku: jujur,baik. Istri ajo sidi: jujur, baik 6. sudut pandang: sudut pandang orang ketiga, pelaku utama sampingan 7. gaya bahasa: formal. ceritanya seru :) kalo baca novelnya tambah seru+menegangkan+sedih :(. Balas.

Unsur-unsur Yang Mendasari Cerpen

Diterbitkan pada Monday, 29 August 2011 Pukul 21.12

Tema Cerpen hanya berisi satu tema karena ceritanya yang pendek. Hal itu berkaitan dengan keadaan jalan cerita yang juga tunggal dan tokoh (pelaku) yang terbatas. Tema dapat kita dapat setelah kita membaca secara menyeluruh dalam cerpen biasanya sesuai dengan amanat/pesan yang hendak disampaikan oleh pengarangnya. Tema menyangkut ide cerita. Tema menyangkut keseluruhan isi cerita yang tersirat dalam cerpen. Tema dalam cerpen dapat 

Luthfi Zaenal Blog: Penelitian Tindakan Kelas

Diterbitkan pada Tuesday, 13 November 2012 Pukul 8.04

Khusus mata pelajaran bahasa Sunda , dapat disampaika melalui apresiasi sastra, terutama pada cerita rekaan seperti novel dan carpon. Berdasarkan hasil pengamatan kegiatan belajar siswa di kelas, kegiatan belajar 

Novel Dalam Kesusastraan Sunda

Diterbitkan pada Wednesday, 2 January 2013 Pukul 17.47

Novel bukan berasal dari bahasa Indonesia maupun bahasa Sunda. Analisis terhadap novel ini berdasarkan pada segi intrinsiknya yang dibatasai pada masalah alur, latar, perwatakan, penokohan, tema dan amanat. A. Alur Menurut Dick Hartoko yang dimaksud alur ialah kontruksi yang dibuat pembaca mengenai deretan peristiwa yang secara logik dan kronologik saling berkaitan dan yang diakibatkan atau dialami oleh para pelaku (Hartoko, 1985:149).

B.ind : Cerita Pendek

Diterbitkan pada Wednesday, 8 April 2015 Pukul 20.20

Tema. Yaitu gagasan inti. Dalam sebuah cerpen, tema bisa disamakan dengan pondasi sebuah bangunan. Tidaklah mungkin mendirikan sebuah bangunan tanpa pondasi. Dengan kata lain tema adalah sebuah ide pokok, pikiran utama sebuah cerpen; pesan atau . Dalam “Sekelumit Nyanyian Sunda” Nasjah Djamin sangat baik menggunakan teknik ini. Tidak melukiskan seluruh kehidupan pelakunya karena mengangkat masalah tunggal atau sarinya saja.

Bahasa Indonesia

Diterbitkan pada Friday, 30 January 2015 Pukul 17.26

Fakta dalam iklan mencakup identitas produk yang ditawarkan , komposisi, kegunaan, dan sarana penggunaan secara lengkap. Tema adalah gagasan pokok yang mendasari suatu cerita. Latar/Setting merupakan tempat, waktu dan suasana terjadinya suatu cerita; Penokohan/Perwatakan adalah watak yang dimiliki oleh pelaku dalam suatu cerita; Amanat adalah pesan yang disampaikan penulis kepada pembaca . Pupuh Sunda Kumpulan 17 Pupuh Sunda.

Indahnya Berbagi Dan Memberi: Hasil Analisis Cerpen

Diterbitkan pada Friday, 8 May 2015 Pukul 20.37

Teori struktural memandang teks sastra sebagai satu struktur dan antar unsurnya merupakan satu kesatuan yang utuh, terdiri dari unsur-unsur yang saling terkait, yang membangun satu kesatuan yang lengkap dan bermakna. Di suatu pihak struktur Satu esensi yang saya temukan ketika pertama kali menelaah cerpen ini adalah kemiripan berbagai tema, alur, setting dengan multikultural suatu cerita yang bersifat fiktif yang ada pada sebuah sekolahan. Sebuah 

Carita Pondok (carpon) Jeung Contona

Diterbitkan pada Thursday, 31 October 2013 Pukul 12.42

Seni Budaya · Bahasa Indonesia · Bahasa Sunda · Kesehatan · Teknologi. Search. Home » Bahasa Sunda » Carita Pondok (CARPON) jeung Contona Mere kesan lir enya-enya kajadian. UNSUR INTERISTIK CARPON. - Palaku. - Amanat. - Tema. - Latar. - Galur. UNSUR EKSTERINSIK CARPON. - Nilai-nilai dalam Carita Pondok. - Latar Belakang Kahirupan Pengarang. - Situasi Sosial. TEKNIK NULIS CARITA PONDOK. - Tema. - Bahan carita. - Alur. - Tokoh.

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -