What's New?

asal usul lutung kasarung dalam bahasa sunda

Catatan Kanglana: Sekilas Sunda

Diterbitkan pada Sunday, 15 March 2009 Pukul 2.31

Dalam kisah tradisional tokoh ini lebih terkenal dengan nama Guru Minda atau Lutung Kasarung. Sumber yang dikutip oleh Pangeran Wangsakerta tidak menyebutkan tempat asal atau pun asal-usul tokoh ini. Mungkin karena 'kegelapan" 

Risdiana Dhina: Drama Basa Sunda

Diterbitkan pada Friday, 16 December 2011 Pukul 12.30

Lutung…!!! Janggelek Guruminda rupa jadi lutung katelah Lutung Kasarung. ***. Kocap deui di nagara Pasir Batang… Niti Suwari ngersakeun haying tuang daging lutung. Tuluy nitah Aki Panyumpit pikeun néangan lutung ka leuweung. Niti Suwari : Léngsér! Kuring téh . dongeng "asal usul kota bandung ". Mengenai asal-usul nama “Bandung”, dikemukakan berbagai pendapat. Sebagian mengatakan bahwa, kata 'Bandung” dalam bahasa Sunda, identik deng.

Leluhur Limbangan Garut Bagian 1

Diterbitkan pada Tuesday, 1 May 2012 Pukul 14.40

Pada Rundayan Silsilah Asal Usul Limbangan, Catatan Silsilah Cinunuk Hilir ( Wanaraja Garut ), Silsilah Menak-menak Limbangan, Sajarah Cikundul (Cianjur ), Cirebon, Kuningan, Panjalu, Galuh Kertabumi, Ciamis, Banten, atau Urutan rundayan dari Prabu Siliwangi ke atas, memang akan sampai pula ke Dewi Puspasari ( dalam cerita Lutung Kasarung namanya adalah Dewi Purbasari ) putra dari Ciung Wanara atau Sang Manarah Raja Galuh 739 - 783 M ).

Babon Ki Sunda

Diterbitkan pada Thursday, 21 March 2013 Pukul 7.02

Nyukcruk Galur Mapay Bagal Nyungsi Kawit Gigirangan, sebuah ungkapan bahasa sunda yang selama ini dipakai masyarakat untuk mencari asal usul nenek moyangnya. Diawal Demikian yang terjadi di Galuh, Sang Manistri (Lutung Kasarung) disebut dari kahiyangan, para raja seperti Ciung Wanara tidak diketemukan makamnya dinyatakan ngahyang. Tentu saja hal itu jadi kontra produktip bagi penyelenggaraan negara dalam berbangsa dan bernegara.

Asal-usul Nama Sunda

Diterbitkan pada Monday, 18 July 2011 Pukul 12.46

Tadinya saya hanya mencari-cari asal-usul nama jalan di seputaran Dago, yaitu jalan Purnawarman, Sawunggaling, Mundinglaya, Ciungwanara, Ranggagading, Ranggamalela, Ranggagempol, Hariangbanga, Geusan Ulun, Adipati . Ariajipang, Bahureksa, Gajah Lumantung, Sulanjana, Badaksinga dan Bagusrangin belum saya temukan dongeng atau sejarahnya, sebagian kalau tidak salah ingat adalah tokoh-tokoh dalam cerita rakyat Lutung Kasarung.

Cerita Rakyat Jawa Barat

Diterbitkan pada Saturday, 29 June 2013 Pukul 6.37

Lutung Kasarung adalah sebuah cerita pantun yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Cerita ini mengisahkan perjalanan Sanghyang Guruminda dari Ikuti kisahnya dalam cerita Lutung Kasarung berikut ini! * * * Alkisah, di daerah Jawa Barat, tersebutlah seorang raja Tanpa banyak tanya, ia tersenyum seraya memperkenalkan diri dan menceritakan asal-usulnya. Karena merasa senasib, yaitu sama-sama terbuang di hutan 

Asal Usul Sejarah Angklung (alat Musik)

Diterbitkan pada Wednesday, 30 March 2011 Pukul 23.28

sehingga angklung merupakan bagian dari relik pra-Hinduisme dalam kebudayaan Nusantara. Catatan mengenai angklung baru muncul merujuk pada masa Kerajaan Sunda (abad ke-12 sampai abad ke-16). Asal usul terciptanya musik 

Lutung Kasarung

Diterbitkan pada Friday, 22 August 2008 Pukul 8.05

Lutung kasarung selalu menggembirakan Purbasari dengan mengambilkan bunga –bunga yang indah serta buah-buahan bersama teman-temannya. Pada saat malam bulan Pemuda yang ternyata selama ini selalu mendampinginya dihutan dalam wujud seekor lutung. Sumber: .. tak tambahins sedikit bro, tentang asal usul lutung, biar tidak pedot alur ceritanya, bisa ditambahkan jadi paragraf 7. konon LUTUNG .. kenapa gak pake bahasa sunda. Balas.

- Halaman ini diberdayakan oleh Google, Bing!, dan Blekko -