Amanat Tokoh Alur Watak Cerita Timun Mas

Unsur-unsur Penting Dalam Sebuah Dongeng Yang Baik

Diterbitkan pada Thursday, 24 October 2013 Pukul 18.05

Menurut Lustantini Septiningsih (1998: 16), ada empat unsur penting yang menjadi kunci ketertarikan pendengar (anak-anak) pada suatu dongeng. Yaitu, tema, tokoh, alur cerita, dan latar cerita. Hal ini harus diperhatikan oleh seorang Maksud atau pesan yang ingin disampaikan itu disebut amanat. timun mas dan orangtunya melambangkan karakter protagonis sedangkan raksasa melambangkan karakter yang antagonis dengan kejahatan dan ketamakannya.

Mengidentifikasi Tokoh, Watak, Latar, Tema Dan Amanat...

Diterbitkan pada Sunday, 23 March 2014 Pukul 2.19

Pembelajaran Mengidentifikasi tokoh, watak, Latar, Tema dan amanat dari cerita Rakyat (Studi Kasus Pada Kelas VI Semester I SD Negeri I Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 

Berbagi Ilmu: Sastra Tradisional

Diterbitkan pada Tuesday, 13 December 2011 Pukul 11.50

Selain itu di sana-sini di sela-sela alur cerita juga lewat karakter tokoh diselipi dengan pesan-pesan moral dan pandangan tentang kebenaran. Adapun karakteristik Nilai itu dikemas dalam wujud struktur jarya sastra, yang secara implicit terdapat dalam alur, latar, tokoh, tema, dan amanat atau didalam larik, kuplet, rima dan irama. Nilai yang terkandung . Dongeng ada dua yaitu dongeng kasik contohnya bawang merah dan bawang putih, timun emas. Dongeng 

Peningkatan Kemampuan Diri Melalui Kegiatan Bercerita...

Diterbitkan pada Sunday, 17 November 2013 Pukul 14.29

Mendongeng adalah sebuah teknik dimana sang pendongeng dengan serta merta membawakan alur cerita yang menarik bagi si anak. Dengan intonasi yang ceria serta tidak monoton, mendongeng kepada anak bisa 

Seputar Pendongeng Dan Dongeng Yang Menarik

Diterbitkan pada Monday, 12 December 2011 Pukul 9.54

Dalam hal ini sang anak diharapkan mampu merenungkan, mencerna dan menterjemahkan sendiri amanat yang tersirat didalam cerita tadi. Indonesia adalah negara yang kaya akan dongeng, Tengok saja dongeng timun mas dari Jawa Tengah, Si Kabayan dari Jawa Barat atau juga Pengeran Si Katak-katak dari Sumatra Utara. Sampai saat ini, dongeng masih memiliki pendengar (anak-anak) pada suatu dongeng. Yaitu, tema, tokoh, alur cerita, dan latar cerita.

Belajar Kita Bisa: Latihan Dan Jawaban Soal Bahasa...

Diterbitkan pada Sunday, 20 October 2013 Pukul 0.04

timun mas berlari lagi. Tapi kemudian Raksasa hampir berhasil menyusulnya. timun mas kembali mengambil benda ajaib dari kantungnya. Ia mengambil segenggam cabai. Cabai itu dilemparnya ke arah raksasa. Seketika c. Latar. d. tokoh. 5. Para pelaku dalam cerita disebut. a. alur. b. Tema. c. tokoh. d. watak. 6. Tempat yang digunakan dalam cerita disebut. a. Latar. b. tokoh. c. alur. d. Dialog. 7. Malam itu Henny dan Anjar membeli buku di toko Bunda.

Cerita Rakyat

Diterbitkan pada Wednesday, 7 March 2012 Pukul 7.45

Sudut pandang akuan sertaan, akuan tak sertaan, dan diaan mahatahu. 6. amanat adalah pesan-pesan atau wejangan moral yang ingin disampaikan dalam cerita bik melalui tokoh maupun melalui peristiwa yang terjadi.

Pensil Kreatif: Menyimak Cerita

Diterbitkan pada Thursday, 3 September 2009 Pukul 15.04

Mite mengisahkan tentang kehidupan para dewa ataupun roh-roh halus yang berkaitan dengan kepercayaan masyarakat waktu itu; cerita yang mempunyai belakang sejarah, dipercayai oleh masyarakat sebagai ceriat yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal Contoh: Sangkuriang, Malin Kundang, dan timun Emas d. Penulis yang berhasil menghidupkan watak tokoh-tokoh ceritanya berarti berhasil pula dalam menghidupkan tokoh.

Cari Iklan:

- Halaman ini diberdayakan oleh Google dan Bing! -

X